Rabu, 05 Februari 2014

New V-Ixion Lightning (NVL)

New V-Ixion Lightning

oleh : miftachulludfie.blogspot.com

JAKARTA,. Bisa jadi karena udah punya jutaan konsumen di Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM), pede aja waktu ngumumin harga jual sport injeksi andalan mereka; New V-Ixion Lightning (NVL) lebih mahal dari sang pesaing; Honda CB150R. “V-Ixion sudah punya sejuta customer. Kami percaya mereka tahu produk ini dapat diandalkan!” sebut salah seorang petinggi di PT YIMM beberapa waktu

Banyak Teknologi Baru

Stabilitas NVLSensor O2

Kalo ngelihat banderol antara Honda CB150R dan New V-Ixion emang terpaut beberapa ratus ribu. Untuk versi non kick starter dijajakan Rp 22,4 juta dan yang pake kick starter Rp 22,6 juta. Sedang si pesaing yang berjargon ‘Pembakar Jalan’ alias Street Fire dijual hanya satu tipe dengan harga Rp 22.350.000. Dibanding Vixie non kick starter beda Rp 50 rebu, bradsis.

Jarak Sumbu RodaSensor kecepatanJamak kalo akhirnya hal ini menuai banyak pertanyaan; how come, dengan spek mesin di bawah CB, kok harganya justru lebih mahal? Agaknya, secara diplomatis dan strategis, cuma orang YIMM yang bisa jawab. Bisa jadi karen emang YIMM pede banget dengan konsumennya, atau bisa jadi ada argumen lain yang lebih krusial. Tapi yang jelas, kalo secara teknis, New V-Ixion ini diklaim enggak kalah dibanding CB150R.

Okelah, tapi dalam kesempatan lain, ME pernah bertanya pada M. Abidin, GM Technical Yamaha Indonesia, dan beliau menyebut, kalo Vixie ‘kilat’ emang merupakan pengembangan dari versi sebelumnya. “Tapi banyak yang telah dikembangin, terutama dari sisi mesin. Malah boleh dibilang ini banyak yang baru!” kata pria berpenampilan rapi ini, saat awal motor ini dikenalkan ke publik di ajang Jakarta Motorcyle Show (JMCS) 2012 awal November lalu.

Intinya, menurut Abidin, kalo dilihat lebih detail Yamaha Vixie baru ini secara keseluruhan berubah. Selain desain, mesin juga. Tenaga yang mampu dihasilkan dapur pacunya mencapai 16,59 dk dan ini cukup mumpuni untuk sebuah motor berkapasitas 150 cc. Meski begitu, konsumsi bahan bakarnya diklaim lebih irit sekitar 15%.
“Hal itu bisa kami lakukan, karena kami mengandalkan low friction bearing, alhasil kinerja mesin jadi lebih efektif dan sempurna!” tambahnya.

Cukup? Tentu aja enggak, bradsis. Karena sistem fuel injection mengikuti seiring perubahan generator listrik dari AC ke DC. Pulser dengan 17 pick up untuk pembacaan putaran mesin lebih akurat. Pemakaian fuel pump brushless yang lebih irit listrik dan lebih kecil. Juga ECU 33 pin. “Oh ya, sistem pengisian juga otomatis mati kalau aki sudah full (AC generator cut off system). Sistem akan menyetop pasokan listrik secara otomatis kalau tegangan aki sudah full 12 volt sehingga membuat umur aki lebih lama,” lanjut Abidin sambil bilang, kalo aki drop, maka akan ada kedipan lampu di panel indikator.

Masih dalam konteks inovasi, New V-Ixion Lightning juga disenjatain O2 censor. Sensor ini terkoneksi sama ECU yang akan ngatur takaran BBM dan udara. “Kalo HC (hidrokarbon terlalu tinggi maka ECU akan menginformasikan agar BBM ditambah. Sebalikknya, jika CO ketinggian, ECU akan memerintahkan untuk mengurangi bensin,”  jabar pria ramah ini.

Lantas, nanggepin pertanyaan konsumen soal kick starter dan sistemnya yang diilangin, Abidin bilang, Yamaha yakin konsumen enggak banyak yang memanfaatkan peranti ini. “Ya itu, dari survey 100 orang yang ditanya, 1-2 orang saja yang mengaku pernah memakai peranti itu. Tapi konsumen gak usah takut, karena kami juga nyediain kok yang versi pake engkol starter. Ya, tinggal pilih aja, mau yang versi pake kick starter apa non kick starter,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar