Rabu, 11 Desember 2013

PERBANDINGAN WINDOWS 7 DENGAN LINUX UBUNTU

TUGAS
MAKALAH SISTEM OPERASI
Perbandingan WINDOWS 7 dengan LINUX UBUNTU



NAMA    : MIFTACHUL LUDFIE
NPM       : 12.1.03.02.0156
KELAS     : 2F
FAKULTAS TEKNIK
TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
DAFTAR ISI





BAB I : PENDAHULUAN

Kata Pengantar


BAB II : PEMBAHASAN

Pengertian Windows 7 Dan Linux Ubuntu
Sejarah Perkembangan Windows 7 Dan Linux
Fitur Fitur Dalam Windows 7 Dan Linux Ubuntu
Kelebihan Kekurangan Windows 7 Dan Linux
Daftar pustaka




KATA PENGANTAR
Dengan menghaturkan puji syukur alhamdulillah Robbil ‘alarnin kepada
Dzat Wajibul Wujud yang Allah Asmanya, dengan seluruh limpahan Rahma
dan hidayah-Nya, Rohman dan Rohim-Nya sehingga penulis dimaukan dan
diberi kekuatan untuk menyelesaikan makalah tentang “Sistem
Operating Linux dan Windows”.
Shalawat serta salam selalu terlimpahkan kepada Nabi Muhammad
SAW, keluarga sahabat-sahabat yang Ahlul Qurub dan para Penerus
Utusan-Nya yang penulis yakini dan percaya keberadannya sampai akhir
zaman nanti yang mana berkah, syafaat serta tuntunan Beliaulah yang
selalu penulis harapkan khususnya dan kita semua.
Tidak lupa penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih
jauh dari sempuma, maka dari itu besar harapan penulis akan saran dan
kritik yang membangun. Semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis
khususnya dan kita semua pada umumnya.
Akhirnya ucap syukur Alhamdulillahi Robbil ‘alamin kepada Allah SWT
dengan segala Ridlo dan Maghfirohnya. Amin...




WINDOWS 7 VS LINUX UBUNTU 













Pengertian Windows 7 Dan Linux Ubuntu

1.      Windows 7
Windows 7 adalah rilis terkini Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista.
Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista.Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup, dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak disertakan lagi di Windows 7 kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis.    (5)

2.      Linux Ubuntu
Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.
Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika SelatanMark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.      (6)

Sejarah Perkembangan Windows 7 Dan Linux

1.      Windows 7 dan sejarahnya
Windows adalah bagian yang penting dari mayoritas PC diseluruh dunia. Selama bertahun-tahun, sistem operasi Windows menjadi lebih dari sekadar tulang punggung pada PC, Windows menjadi entitas kunci yang membantu penggunanya untuk memaksimalkan potensinya masing-masing.
 Setiap kali Microsoft merilis edisi terbaru dari Windows, maka dapat dipastikan hal ini akan memunculkan keingintahuan dari publik mengenai fitur, kelengkapan, dan hal yang baru dari sistem operasi tersebut. Hal ini tentunya merupakan fenomena yang sangat wajar, mengingat sistem operasi Windows adalah bagian dari keseharian miliaran orang-orang didunia. Pengalaman masing-masing individu tentu berbeda dalam carnya masing-masing.
 Windows 7 saat ini sudah memasuki tahap Beta, yang berarti sudah dapat dipastikan sistem operasi terbaru ini tak lama lagi akan hadir. Windows 7 didesain berdasarkan tren yang berkembang dan didesain agar tetap responsif dalam PC dengan spesifikasi minimal, efisien dalam penggunaan energi, dan tetap aman untuk digunakan.
 Pada tahun 1975 Bill Gates dan Paul Allen merancang Altair Basic yang kemudian menjadi fondasi bagi sistem operasi pertama Microsoft. Visual Studio dan .NET Framework adalah fondasi bagi pengembangan aplikasi Windows saat ini, termasuk Windows Vista dan Windows 7 mendatang. Pada PDC 2008 juga diumumkan rencana kehadiran Visual Studio 2010 dan .NET Framework 4.0 sebagai fondasi bagi pengembangan aplikasi Windows masa depan. 
Pada kesempatan tersebut diumumkan juga bahwa Windows 7 akan menjadi nama resmi. Pada awalnya Windows 7 adalah nama kode (code name). Sedangkan seperti yang kita ketahui bersama bahwa nama kode dari Windows Vista adalah Longhorn. Hal ini memang agak jarang terjadi dimana nama kode (nama pada saat proses pengembangan), sama dengan nama final. Selama beberapa tahun terakhir generasi Windows memiliki nama yang berbeda, Windows 95, Windows 98, Windows XP, dan Windows Vista. Secara sederhana karena ini adalah generasi Windows ketujuh maka "Windows 7" jadi alasan yang masuk akal.  
Kemunculan Windows 7 versi PreBeta ini memberikan rasa penasaran yang sangat besar dikalangan publik. Ekspektasi pengguna terhadap sistem operasi penerus dari Windows Vista ini terus bermunculan. Harapan yang paling dasar yang ada dibenak setiap individu tentu adalah sistem operasi yang responsif, aman, handal, dan mampu menjadi fondasi yang baik bagi aplikasi maupun perangkat digital. 
Akhirnya pada tanggal 7 Januari 2009, Chief Executive Office Microsoft,  Steve Ballmer mengumumkan secara resmi kehadiran versi Beta dari Windows 7 (build 7000) dalam acara CES (Consumer Electronic Show) di Las Vegas. Pada saat itu, Windows 7 Beta dapat diunduh secara resmi diwebsite Microsoft. Windows 7 versi Beta ini dapat digunakan hingga 1 Agustus 2009 jika pengguna melakukan registrasi dan aktivasi
Awal bulan lalu, Mike Ybarra, General Manager Windows mengumumkan rencana kehadiran SKU (Stock Keeping Unit) dari Windows 7 kedalam dua edisi utama yaitu Windows 7 Home Premium dan Windows 7 Professional untuk bisnis. Windows 7 Ultimate direncanakan akan tetap ada untuk memberikan opsi bagi pengguna yang membutuhkan paket sistem operasi yang lengkap. Pada saat yang bersamaa.  
Pada saat yang bersamaan, Brad Brooks, Corporate Vice President Microsoft untuk Windows Consumer Product Marketing mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 difokuskan untuk penggunaan diperangkat mobile seperti mini notebook. Windows 7 dikembangkan agar tetap responsif dalam prosesor dan memori komputer dengan spesifikasi minimal, efisien dalam penggunaan energi, aman digunakan dalam berbagai macam jaringan internet, dan mampu memanfaatkan teknologi-teknologi terbaru perangkat keras secara maksimal.
Hal ini mengingat permintaan pasar yang cukup tinggi untuk mini notebook atau yang biasa kita sebut dengan netbook. IDC merilis sebuah data bahwa penjualan netbook ditahun 2008 mencapai 11.4 juta dan diprediksikan akan naik hingga 42.2 juta pada tahun 2012.
Pengguna Windows pada dasarnya menginginkan sistem operasi yang dapat membantu tugas-tugas sehari-hari menjadi lebih cepat dan mudah digunakan, dan memberikan pilihan baru dalam cara berinteraksi dengan komputer. Windows 7 dibangun berdasarkan masukkan dari pengguna Windows diseluruh dunia, mampu menggunakan daya seefisien mungkin, dan memiliki kapabilitas untuk berjalan diatas perangkat keras dengan spesifikasi minim dengan tidak mengorbankan performa     (1)

2.      Linux ubuntu dan sejarahnya
karena Ubuntu adalah distro Linux paling populer sejak diluncurkan tahun 2004 hingga beberapa tahun terakhir ini. Ubuntu selalu menjadi distro nomor 1 versi  distrowatch.com diantara distro lainnya diseluruh dunia.
Meskipun sekarang kepopuleran Ubuntu sempat menurun setelah mengganti desktopnya dari Gnome menjadi Unity pada Ubuntu 10.10, namun bagi para pengguna Linux yang sudah lama menggunakan Ubuntu hal ini tidak menjadikan mereka beralih ke distro lain karena berbagai alasan yang salah satu diantaranya sayang software-software yang sudah banyak terinstal di Ubuntunya seperti saya saat ini.
Kembali ke sejarah singkat Ubuntu. Karena judulnya juga sejarah singkat, jadi tidak akan dibahas panjang lebar mulai dari A sampai Z tentang sejarah Ubuntu. Disini hanya akan dibahas sekilas saja dari sejarah Ubuntu.
Ubuntu merupakan distro Linux turunan Debian. Ubuntu bisa digunakan di Laptop, Desktop, Server, maupun perangkat mobile dengan kehadiran Unity pada Ubuntu versi terbaru. Melalui software center yang ada di server repository Ubuntu, kita bisa menemukan hampir seluruh aplikasi yang dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari mulai dari aplikasi perkantoran (office),pengolah gambar, internet, programming, games, dan masih banyak lagi.
Sejarah Linux ubuntu dari awal perkembangan
Perlu anda ketahui tentang OS OpenSource yang paling cepat perkembanganya sangat pesat dan paling banyak pemakainya
di bandingkan linux dari distro lainya. Maka dari itu anda wajib mencicipi OS OpenSource terutam Ubuntu yang update setiap 3-6 bulan,dan akan menyaingi OS yang berbayar seperti Mac OS dan Microsoft Windows.
Perlu anda ketahui bahwa kata ‘Ubuntu’ berasal dari bahasa Afrika yang berarti rasa kemanusiaan terhadap sesama manusia atau keperdulian kepada sesama, bisa juga diartikan adalah aku karena keberadaan kita semua. Tujuan dari pembuatan distro
Linux Ubuntu awalnya adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu pertama kali diluncurkan ke pubik pada tahun 2004 oleh Mark Shuttleworth pemilik perusahaan Canonical Ltd yang membentuk suatu grup open source dengan tujuan membentuk distro baru berbasis Debian. Pertama kali Ubuntu diluncurkan,
sebanyak lebih dari 12000 orang telah mencobanya dan angka tersebut terus melonjak dari tahun ke tahun hingga akhirnyam menjadikan Ubuntu sebagai distro terpopuler di dunia.
Versi Ubuntu hadir setiap 3-6 bulan sekali. Setiap pengguna Ubuntu bisa melakukan upgrade dari versi lama ke versi baru dengan gratis tanpa membayar sebagaimana pertama kali menginstal di komputernya.
Penamaan versi Ubuntu dari versi satu ke versi lainnya memiliki penamaan yang unik. Keunikan pertama, penamaan versi
Ubuntu (code name) selalu diambil dari nama-nama hewan. Keunikan kedua, penomoran versi Ubuntu mudah sekali dingat karena menggunakan format tahun dan bulan Y.MM (Y=tahun, MM=bulan). Dengan waktu release versi terbaru Ubtunu setiap 6 bulan sekali,
berarti setiap 1 tahun Ubuntu merilis versi terbaru sebanyak 2 kali. Adapun bulan rilis versi baru sudah ditetapkan pada
bulan April dan Oktober setiap tahunnya. Sebagai contoh versi terbaru ubuntu saat tulisan ini dibuat adalah 11.10,ini artinya versi tersebut rilis pada tahun 2011 bulan ke-10 (Oktober). Versi selanjutnya setelah versi 11.10 adalah12.04, 12.10, 13.04, 13.10, dan seterusnya.
Setiap rilis dan beredar versi baru, Ubuntu disupport hingga 18 bulan atau 1,5 tahun. Adapun untuk versi LTS (Long Time Support)
disupport hingga 3 tahun untuk Ubuntu Desktop dan 5 tahun untuk Ubuntu server.
Perlu anda ketahui Versi Ubuntu dari tahun 2004 hingga 2011 beserta code name-nya:
* Ubuntu 4.10 (Warty Warhog)
* Ubuntu 5.04 (Hoary Hedgehog)
* Ubuntu 5.10 (Breezy Badger)
* Ubuntu 6.06 (Dapper Drake)
* Ubuntu 6.10 (Edgy Eft)
* Ubuntu 7.04 (Feisty Fawn)
* Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon)
* Ubuntu 8.04 LTS (Hardy Heron)
* Ubuntu 8.10 (Intrepid Ibex)
* Ubuntu 9.04 (Jaunty Jackalope)
* Ubuntu 9.10 (Karmic Koala)
* Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx)
* Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat)
* Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal)
* Ubuntu 11.10 (Oneiric Ocelot)
* Ubuntu 12.04 (Precise Pangolin)
Demikian sejarah singkat mengenai OS OpenSource linux ubuntu, semoga anda lebih banyak tau dan anda menjadi salah satu
penggunanya di karenakan os ini free alias gratis dan di kembangkan oleh seluruh progremer di seluruh dunia. slamat mencoba
Ubunta dan salam OpenSource      (2)

FITUR FITUR DALAM WINDOWS 7 DAN LINUX UBUNTU

1        Fitur dalam windows 7
Windows 7 memiliki fitur fitur unggulan, yaitu : 64-bit support,aero,directX 11,jump list,libraries,gadets ,snipping tool,readyBoost,startup repair,windows xp mode,dan banyak lagi.
Yang dimaksud 64-bit support adalah kemampuan windows 7 untuk support 64-bit sistem, bila kita ingin memakai RAM lebih besar dari 3GB maka kita dianjurkan untuk memakai 64-bit support agar pemakaian RAM lebih efektif.
Aero, aero adalah sebuah fitur tampilan grafis yang sangat bagus,membuat penampilan OS kita semakin keren.
DirectX 11, bagi penggemar game, untuk mendapatkan gambar yang sangat detail dan performa yang mantab, windows 7 sudah menyediakan fitur ini.
Jump list, dengan adanya jump list kita akan menemukan file yang kita cari dalam sekejap saja,tinggal ketik file yang kita mau di jump list maka semua fileyang berhubungan dengan file tersebut dimunculklan.
Libraries, adalah sebuah fitur untuk membantu kita dalam menyimpan data agar lebih mudah.
Gadets,sebuah fitur hiburan dalam mempercantik tampilan desktop kita.
Snipping tool, adalah sebuah fitur yang diberikan oleh windows 7 untuk mendapatkan gambar yang ada di layar tanpa menggunakan program lain.
ReadyBoost, adalah sebuah fitur canggih dari windows 7 dimana bila kita membutuhkan memory tambahan, flashdisk dapat dipakai sebagai tambahan memory.
Startup repair,bila komputer kita mengalami masalah dalam startup,maka windows telah mengantisipasinya dengan startup repair yang bertugas membenarkan.
Dan tak juga lupa ada windows XP mode,dimana bila kita membutuhkan windows xp sebagai os kita maka kita tinggal pilih XP mode dan kita serasa memakai XP kembali.     (4)

2        Fitur dalam linux Ubuntu
Ada bermacam-macam fitur pada Sistem Operasi Linux. Fitur-fitur sistem operasi Linux adalah :
Multitasking : Beberapa proses dalam dijalankan pada suatu saat.
Multiuser : Beberapa user di mesin yang sama pada suatu saat.
Multiplatform : Sistem operasi Linux berjalan di banyak CPU berbeda.
Multiprocessor : Mendukung SMP (Symmentric Multiprocessing) untuk intel dan SPARC dan platform lain.
Mode Protected : Berjalan pada mode proteceted intel x86.
Memenuhi IEEE POSIX.1 : Linux kompatibel dengan banyak standar UNIX di tingkat kode sumber, IEEE POSIX.1 serta fitur-fitur system V dan BSD.
Proteksi Memori : Mempunyai proteksi memori sehingga bug di satu program tidak menyebabkan seluruh program down.
 Demand Page Loaded Executable : Mengimplementasikan demand paging loading executable.
Shared Copy on Write Pages Antara Executables : Banyak proses dapat menggunakan memori yang sama. Saat satu program mencoba menulis memori tersebut. Page (4 Kb memori) yang berbeda ini baru disalin ke suatu tempat.
Virtual Memori : Virtual memori menggunakan sistem paging (disk-paging).
Unified Memori Pool : Mengimplementasikan unified memori pool untuk program disk chace.
Dynamically Linked Share Libraries : Mengimplementasikan dynamically linked share libraries.
Post-Mortem Analysis untuk Debugging : Memungkinkan menggukan debugger pada program tidak hanya selama program berjalan tapi juga setelah program mengalami crash.
iBCS2 (iBCS2-complaint emulation module) : Dengan modul emulasi yang memenuhi iBCS2, kebanyakkan kompatibel dengan SCO,SVR3 dan SVR4 di tingkat biner.
Kode Sumber Bebas : Semua kode sumber yang ada tersedia, termasuk kernel dan driver, sehingga memudahkan pengembangan program user.
POSIX Job Control : Digunakan pada shell csh dan bash.
Customized-Keyboard : Mendukung keyboard dari berbagai negara.
Multiple Virtual Consoles : Beberapa sesi login independen dengan konsol.
Mendukung Beragam File System : Hampir semua file system dapat diimplementasikan.
Pengaksesan Transparan ke Partisi MS-DOS : Untuk mengakses partisi MS-DOS tidak dibutuhkan sistem file khusus dan juga tidak memerlukan perintah khusus untuk menggunakan partisi MS-DOS.
Sistem File UMSDOS memungkinkan Linux di install pada MS-DOS.
Implementasi TCP/IP Networking : Untuk jaringan TCP/IP cukup lengkap.
Mendukung sistem file HPFS-2 read only untuk OS/2.
Mendukung sistem file HFS (Macintosh) sebagai modul terpisah.
Dapat membaca sistem file CD-ROM : Bisa membaca file-file yang beranekaragam yang disimpan di CD-ROM.
Terdapat pada Apple Talk Server.
Dapat sebagai Netware Client dan berhubungan dengan Netware Server.
Dapat sebagai LAN Manager Client.
Protocol jaringan cukup lengkap.     (3)

KELEBIHAN KEKURANGAN WINDOWS 7 DAN LINUX

1        Kelebihan dan Kekurangan Windows 7
Windows 7 menurut saya merupakan windows yang paling sukses yang di produksi oleh microsoft, bisa dilihat dari segi performa serta kestabilannya yang memang jauh dari windows versi sebelumnya, seperti windows xp ataupun windows vista
Untuk segi interface windows 7, memang tidak jauh beda dari windows vista seperti transparant glass.
Kelebihan Windows 7 diantara lain :
Proses booting dan shut down lebih cepat, bahkan ada klaim bahwa nama 7 diambil dari kecepatan booting sampai windows siap hanya 7 detik.
Penggunaan Catu Daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan sistem service relatif lebih kecil meskipun tampilannya lebih memukau dari OS sebelumnya
Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD
Tampilan dan aplikasinya lebih menarik., diantaranya :
Snap : Dapat membuka aplikasi secara bersamaan dan ditampilkan bersebelahan
Home Group : System jaringan yang dapat menghubungkan beberapa PC untuk proses berbagi file dan peripheral
Jump List : Memudahkan membuka kembali salah satu dari beberapa aplikasi yang berjalan dengan hanya klik pada pin dengan cepat
Windows Media Center : Dapat merekan siaran TV, nonton TV online
Windows Live Essentials : Pengguna dapat mengakses data offline dan melakukan berbagai hal untuk foto, video dan hal lainnya
Web Slices : Aplikasi untuk memotong bagian yang ditargetkan dari sebuah situs yang kemudian ditempatkan di toolbar Internet Explorer 8 untuk referensi yang  mudah dan cepat
Parental Control : Adanya kontrol dalam membatasi akses pada anak-anak,misal :pengaturan waktu dan lama akses yang diperbolehkan pada anak
Fitur  keamanannya lebih kuat
Fitur show desktop dapat meminimize seluruh program yang aktif hanya dengan sekali gerakan atau klik

Kekurangan Windows 7 antara lain :
Beberapa aplikasi belum support dengan Windows 7
Masih ada bug pada Windows Player 12
Ada hardware yang bisa langsung dikenali di OS sebelumnya tetapi tidak di Windows 7
Softwareyang sebelumnya bisa dipaksa untuk dipasang di Vista, tidak dapat dipaksa dipasang di Windows 7      (7)

2        Kelebihan Dan Kekurangan Linux Ubuntu
1. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka (open source). Sehingga tidak perlu bayaran menggunakan Linux seperti Microsoft. Ianya PERCUMA!
2. Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah dapat dibuka di Linux kerana banyak komuniti-komuniti pengembang, contohnya sourceforge.net.Kita boleh menjalankan software untuk Windows di Linux dengan bantuan emulator seperti Wine sehingga file .exe dan .msi.
 3. Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sukar dan hanya dikhususkan untuk para hacker kerana masih menggunakan teks (DOS). Namun, kini Linux mudah digunakan hampir semudah menggunakan Windows, bahkan masalah style pun, Linux lebih baik daripada Windows 7.
4. Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian ini.
5. Keamanan. Hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Linux sejak awal direka multi-user, sehingga bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat-sangat sukar menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Beberapa orang berpendapat bahwa Linux lebih aman karena jumlah penggunanya lebih sedikit dibanding Windows, namun anggapan itu tidaklah tepat.
6. Linux selain PERCUMA untuk digunakan, PERCUMA pula untuk dimodifikasi dan didistribusi semula
7. Beragam pilihan. Hal ini boleh menjadi kelebihan mahupun kekurangan. Banyak jenama bermunculan, contoh yang popular ialah seperti Ubuntu, Debian, RedHat, openSuSe, Fedora, Mandriva (Mandrake), dsb. Keanekaragaman ini memberi kita banyak pilihan sesuai dengan keperluan masing-masing, namun di satu sisi hal ini juga akan membingungkan bakal pengguna Linux. Lihat chart Linux di http://distrowatch.com untuk  mengetahui ranking jenama Linux.
8 . Linux dapat berjalan dalam dua mode, mode teks dan mode GUI namun pada umumnya mode teks (terminal) ini lah yangmenjadi kekuatan LINUX.
9. Linux memerlukan resource yang lebih kecil dari Windows, sehingga sesuai untuk komputer dengan spesifikasi minima. Selain itu hampir semua jenama populer menyediakan versi 32 bit maupun 64 bit.

KEKURANGAN LINUX UBUNTU
1.Aplikasi-aplikasi LINUX belum sehebat aplikasi di WINDOWS.
2.Struktur direktori dan hak-akses yang membingungkan bagi yang sudah terbiasa dengan Windows dan belum mengenal UNIX/Linux sama sekali.
3. Proses installation software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Installation software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila mempunyai connection ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository software tersebut. Jika tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang diperlukan beserta dependencies-nya.      (8)




Daftar pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar