Senin, 30 Desember 2013

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2

PENGANTAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2



PENDAHULUAN

Materi perkuliahan Algoritma dan Pemrograman 2 merupakan kuliah lanjutan dari perkuliahan Algoritma dan Pemrograman 1. Berikut pengantar untuk mereview kembali materi   yan harus   suda dikuasa untuk   mengikuti   perkuliaha Algoritma   dan Pemrograman 2.


ISI

1. Algoritma dan Program

·    Algoritma  adalah  urutan  logika  langkah  kerja  untuk  menyelesaikan  suatu masalah.
·    Program adalah logika pemecahan masalah dalam bahasa pemrograman tertentu untuk diproses oleh computer.
·    Belajar  memrogram  berarti  belajar  strategi  pemecahan  masalah  metodologi  dan sistematika pemecahan masalah.
·    Belajar bahasa pemrograman berarti belajar  memakai  suatu  bahasa  pemrograman tertentu.
·    Dasar-dasar  setiap  algoritma  walaupun  sekomplek  apapun  meliputi  runtunan, pemilihan dan pengulangan.
·    Cara pendekatan Top Down Design sangat bermanfaat dalam membuat algoritma untuk masalah yang cukup rumit dan komplek


2. Notasi Algoritma

Pada dasarnya algoritma selalu disusun berdasarkan 3 bagian, antara lain Judul Algoritma,  Deklarasi/kamus  dan  Deskripsi/algoritma.  Agar  dapat  dilaksanakan  oleh computer,  maka    algoritma                   harus    ditranslasikan         ke                      dalam           suatu    notasi    bahasa pemrograman.  Agar  notasi  algoritma  mudah  ditranslasikan  kedalam  notasi  bahasa pemrograman,  maka  sebaliknya  notasi  algoritmik  tersebut  berupa  pseudo-code  yang berkoresponden dengan bahasa pemrograman secara umum.




3. Operator, identifier dan tipe data

·    Operator adalah notasi yang dipakai untuk melaksanakan suatu operasi terhadap data dan identifier.
·    Identifier adalah sesuatu yang dipakai sebagai nama pengenal.

·    Tipe data pada sebuah objek merupakan himpunan nilai yang dapat dimilikinya dan operasi yang dapat dilakukan pada objek tersebut.


3. Input dan Output

Notasi  input  dan  output  sangat  penting  dalam  suatu  pemrograman  karena merupakan sarana interaksi antara komputer dan manusia dalam berkomunikasi. Banyak format input dan output yang dimiliki bahasa pemrograman C++, tinggal programer yang menentukan format mana yang dipakai sesuai kebutuhan.


4. Statemen Pengendalian

Pada dasarnya ada dua macam statement pengendalian yaitu IF-THEN-ELSE dan CASE-OF.  Pada  prakteknya  dua  macam  notasi  tersebut  dapat  dimodifikasi  sesuai kebutuhan.


5. Statemen Pengulangan

Tiga macam notasi struktur pengulangan :

1.   Struktur  FOR  atau  TRAVERSAL  (  Pengulangan  tanpa  kondisi  /  Unconditional

Looping ).



2.   Struktur WHILE..DO

3.   Struktur REPEAT..UNTIL



( Pengulangan dengan kondisi
/ Conditional Looping ).





Tiga macam notasi struktur pengulangan dalam bahasa C++ :

1.   FOR

2.   WHILE

3.   DO..WHILE




6. Prosedur dan Fungsi

Procedure dan function di dalam algoritma memiliki perbedaan. Tetapi di bahasa pemrograman C++ semua disebut function dengan perbedaan sintak untuk membedakan antara fungsi sebagai procedure dan sebagai function yang dimaksud pada algoritma


Struktur Prosedur :

1.   Bagian Judul ( header ).

Terdiri atas Nama prosedur dan deklarasi parameter ( jika ada ).

2.   Bagian deklarasi.

Untuk mengumumkan nama-nama.

3.   Bagian deskripsi.

Disebut juga badan prosedur.

Adapun bentuk umum definisi sebuah fungsi (dalam bahasa C++) adalah :

penentu-tipe nama_fungsi(daftar parameter)

{

deklarasi variable lokal tubuh fungsi
}

Penentu tipe adalah untuk menentukan tipe keluaran fungsi yang dapat berupa satu tipe

data C++ yang berlaku, misalnya char atau int. Default tipe fungsi yang tidak disebutkan dianggap sebagai int.


7. Mesin Abstrak

Mesin  abstrak  adalah  mesin  yang  dianggap  ada  dan  diasumsikan  mampu melakukan mekanisme yang didefinisikan untuk mesin tersebut. Mesin gambar adalah abstrak yang terdiri dari 2 unit yaitu pena dan bidang gambar.


8. Tipe Data Array

Tipe data array adalah salah satu tipe terstruktur dalam pemrograman. Tipe data array ini dapat dipakai untuk salah satu contohnya adalah perhitungan matriks.




PENUTUP

Materi Algoritma dan Pemrograman 2 memakai semua yang telah diajarkan pada matakuliah  Algoritma  dan  Pemrograman  1,  seperti  algoritma,  tipe  data,  operator, statement           pengendalian,  statement            pengulangan    yang    merupakan       dasar    dari pemrograman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar